SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI............

.........SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI............

Senin, 10 September 2012

Seri Pencapaian Surplus 10 juta ton Beras 2014: (6) Menentukan Dosis Pupuk Spesifik Lokasi, Penting atau Harus?


Dalam satu hamparan, mungkin saja ada banyak kondisi yang membedakan antar petakan sawah (seperti pada gambar). Perbedaan itu mengakibatkan perbedaan pula dalam penentuan rekomendasi pemupukannya. Hal itu belum banyak disadari oleh petani. Selain itu, perbedaan kondisi tersebut dapat mengakibatkan  perbedaan hasil meski diperlakukan sama dalam hal pemupukan dan lainnya. 
Oleh karena itulah penetepan pemupukan sebaiknya spesifik lokasi. Bahkan, kalau memungkinkan, hendaknya spesifik petakan.
Apakah mungkin ditetapkan rekomendasi pemupukan spesifik per petakan sawah?

Tentu saja mungkin. Untuk penetapan dosis pupuk N menggunakan Bagan Warna Daun (BWD). Unsur hara lainnya menggunakan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS). Dengan catatan, untuk penggunaan PUTS, karena harganya mahal, dianjurkan digunakan dalam kelompok.

BWD







PUTS

Ada cara lain yang dapat menghasilkan rekomendasi spesifik petakan sawah, yaitu dengan mengakses web pada alamat: webapps.irri.org/nm/id/. Jika petani masih kesulitan mengaksesnya, dapat diperoleh dengan bantuan petugas.

Pada halaman web pengunjung dipandu untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi sawah dan perlakuannya selama ini. Pengunjung juga dapat memasukkan target produksi maksimal sampai sistem tidak dapat menjawab.

Dalam banyak kasus, rekomendasi yang diperoleh dari web di atas, dosis pupuk yang dianjurkan lebih rendah dari kebiasaan petani, dengan produksi sama. Hal itu menunjukkan, bahwa selama ini petani boros dalam penggunaan pupuk. (sumber BPTP Jawa Timur)(Sumber foto, diolah dari http://www.flickr.com/photos/43016841@N05/3964903519/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar