SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI............

.........SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI............

Minggu, 09 September 2012

Seri Pencapaian Surplus 10 juta ton Beras 2014: (3) Dengan Jajar Legowo Saja, Produksi Padi Berpeluang Meningkat 30%












Dengan menerapkan jajar tanam Jajar Legowo saja, produksi padi dapat meningkat sekitar 30%. Peningkatan produksi itu diperoleh dari hasil perkiraan akibat penerapan Jajar Legowo yang meningkatkan populasi tanaman sebesar 44%.
Tentu saja petani harus mau menerapkan komponen budidaya lain secara baik dan benar.  
Namun demikian, menurut anggapan petani, penerapan Jajar Legowo rumit dalam pelaksanaannya, biaya tanam meningkat, gulma bertambah banyak dan produksi tidak meningkat.
 
Secara mendasar keluhan itu tampaknya lebih kepada kesalahan persepsi dan pemahaman yang kurang rinci.
 
Keluhan pertama dapat diatasi dengan penggunaan Alat Tanam Jajar Legowo (Atajale). Kedua, biaya tanam yang meningkat dikompensasi dengan peningkatan produksi dan penghematan biaya penyiangan sebesar 50% dengan alat osrok/landak. Keluhan ketiga, juga dapat diatasi dengan penggunaan alat osrok dan penyiangan dilakukan selagi gulma masih kecil. Sedangkan produksi yang tidak meningkat agak sulit dijelaskan, kecuali petani tidak menerapkan komponen teknologi lain secara baik dan benar.
 
Selain keuntungan yang telah disebutkan di atas, Jajar Legowo dapat meningkatkan efektiftivitas pupuk, karena pupuk hanya diberikan pada alur jajar tersempit. Dengan cara itu, kehilangan pupuk 70% dapat ditekan hanya menjadi kurang dari 40%.
 
Kedua, pengendalian hama dan penyakit lebih mudah dilakukan dibanding jajar tanam tegel.(Sumber BPTP JAWA TIMUR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar